Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Saat Main Game

Pernahkah kamu mengalami kejadian saat main game di laptop namun tiba-tiba laptop kamu mati secara mendadak?

Selain mengejutkan kejadian ini juga dapat membuat kesal karena mengacaukan keadaan dan juga membuat bertanya-tanya? apakah laptop kamu rusak? atau terkena virus? sehingga mati secara mendadak.

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Saat Main Game

Jawabannya bisa jadi, namun kamu harus melakukan diagnosis terlebih dahulu.

Berikut ini adalah penyebab laptop yang tiba-tiba mati saat digunakan main game maupun saat digunakan untuk menjalankan software biasa.

  • Laptop sudah terlalu usang
  • Komponen hardware rusak karena terlalu panas (overheat)
  • Baterai laptop rusak
  • Daya listrik bermaslah
  • Laptop terkena malware/virus
  • dll
Kejadian laptop mati sendiri secara mendadak banyak dialami oleh laptop yang sudah terlalu usang dan dipaksa untuk menjalankan program yang terlau berat sehingga menyebabkan overheat.

Untuk mengatasi laptop yang mati secara mendadak bisa dilakukan dengan beberapa cara sesuai dengan diagnosis yang kamu lakukan.

1. Hidupkan laptop 

Cara paling umum yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba menghidupkan terlebih dahulu laptop dan tunggu beberapa saat, jika laptop masih terus menyala seperti biasa maka kemungkinan tidak ada masalah yang berarti.

2. Periksa suhu laptop dan gunakan cooling pad / gunakan kipas angin

Selanjutnya setelah memastikan laptop tidak memiliki masalah maka kamu bisa untuk  memeriksa suhu pada laptop, apakah terlalu panas atau tidak.

Jika suhu laptop terlalu panas maka kemungkinan laptop mati mendadak dikarenakan terlalu panas karena laptop menjalankan program yang berat.

Maka kamu bisa menggunakan cooling pad maupun colling fan atau bisa juga dengan menggunakan kipas agar panas laptop bisa dikendalikan sehingga kerja hardware tidak terlalu memaksakan.

Dengan kondisi hardware yang dingin maka kinerja laptop akan maksimal dan tidak akan mati secara mendadak.

3. Bersihkan laptop dari debu

Salah satu penyebab laptop sering mati sendiri biasanya dipicu oleh hardware laptop yang kotor sehingga kinerja laptop menjadi terhambat.

Biasanya debu yang menempel pada motherboard akan mengakibatkan laptop menjadi lelet.

Buka laptop dari casing belakang dan bersihkan dengan menggunakan kuas, namun harap berhati-hati saat membuka dan membersihkan laptop karena ditakutkan akan merusak komponen yang ada.

Setelah dibersihkan, pasang ulang casing laptop dan hidupkan laptop, jika saat dihidupkan peforma laptop menjadi lebih cepat dan lebih smoth maka penyebab matinya laptop adalah karena laptop yang kotor.

4. Baterai laptop rusak

Jika saat kamu hidupkan laptop tanpa di charger laptop tidak hidup maka kemungkinan laptop kamu mati karena baterai yang ada rusak, karena itu coba terlelbih dahulu.

Jika saat tidak di charger laptop tidak hidup dan saat di charger laptop hidup maka sudah bisa di pastikan baterai laptop kamu rusak.

Ciri-ciri utama baterai laptop rusak biasanya ditandai dengan semakin cepat nya baterai habis dan juga lama saat isi daya baterai.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop yang mati sendiri secara mendadak saat digunakan. semoga artikel ini dapat bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Saat Main Game"