Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Segmentasi Pasar: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Contohnya

Segmentasi pasar dapat diartikan sebagai proses pengelompokan pasar (konsumen) oleh perusahaan ke dalam segmen yang berbeda-beda seperti perilaku, kondisi sosial, dan karakteristiknya.

Sedangkan segmen pasar merupakan sekelompok orang yang memiliki karakteriatik sesuai pada aktivitas pemasaran.
 Pengertian segmentasi pasar dan tujuannya

Tujuan segmentasi pasar adalah untuk memudahkan dalam memilih strategi dalam memasarkan suatu produk/jaya yang di tawarkan suatu perusahaan.

Dikarenakan dalam segmentasi pasar dilakukannya identifikasi segmen pasar agar dalam proses pemasaran akan mengurangi biaya yang dikeluarkan dan memperoleh penjualan yang maksimal.

Hal yang harus diperhatikan dalam segmentasi pasar adalah dasar-dasar yang digunakan dalam melakukan pengelompokan pasar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Beberapa variabel yang dapat digunakan dalam proses segmentasi pasar adalah:

1. Geografi
Wilayah 
Iklim  

2. Demografi
Jenis kelamin
Usia 
Pekerjaan
Pendidikan

3. Psikografi
Gaya hidup 
Kelas sosial

4. Prilaku
Tingkat penggunaan
Status pemakai

Itulah artikel mengenai segmentasi pasar beserta contohnya

Semoga artikel ini dapat membantu

Posting Komentar untuk "Segmentasi Pasar: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Contohnya"