Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anak Gagal Dalam Ujian, Ini Cara Efektif Bangkitkan Semangat Anak Bagi Orangtua

BangAldhy- Cara Efektif Bangkitkan Semangat Anak Bagi Orangtua
Anda memiliki anak yang masih bersekolah baik itu di bangku sekolah dasar maupun di sekolah menengah, pernahkah anda melihat anak murung setelah mengetahui hasil atau nilai ujianya karena takut anda sebagai orangtua merasa kecewa dengan anaknya.

Anak Gagal Dalam Ujian, Ini Cara Efektif Bangkitkan Semangat Anak Bagi Orangtua

Apa yang harus anda lakukan pada posisi itu? mungkin anda juga merasa kecewa dengan hasil yang diterima anak anda tapi percayalah anak anda lebih merasa terbebani dengan itu.

Oleh karena itu jangan marah atau memberi hukuman karena itu akan menjatuhkan mental anak anda karena tentu dengan gagal nya anak dalam ujian memiliki alasan tersendiri  jadi anda jangan bereaksi secara berlebihan kepada anak anda, komunikasikan dengannya untuk menyanyakan perihal hasil ujiannya.

Sehingga bisa diketahui apa penyebab anak gagal dalam mengikuti ujian dan itu nantinya dapat untuk diperbaiki kedepannya entah itu karena pemahaman yang kurang jelas sehingga mungkin memerlukan guru les privat dan lainnya, bicarakanlah dengan anak mengenai masalah ini.

Hal ini akan membuat anak merasa bahwa ini bukan akhir dari segalanya, sehingga ia tau orang tuanya sudah memberikan suport kepadanya, dan akan memberikan ketenangan pada dirinya.

Dilansir dari situs liputan6 ada 3 cara yang dapat digunakan orang tua untuk membangkitkan kembali semangat anak yang telah gagal dalam mengikut ujian.

1. Jangan membandingkannya
Hal yang paling sering dilakukan kebanyakan orang tua adalah dengan membandingkan anaknya dengan prang lain, entah itu anak tetangga atau pun lainnya, ketika anak merasa drop karena gagal dalam menghadapi ujian jangan pernah membandingkannya dengan anak lainnya karena itu akan melukai perasaan dan harga diri anak anda.

2. Menyarankan tes ulangAnak yang merasa sedih ketika gagal menghadapi ujian merasa bersalah kepada orang tua mereka, jadi cobalah bicarakan kepada anak anda untuk menanyakan apakah masih bisa untuk mengkuti ujian atau tes ulang.

Minta anak anda untuk menjelaskan kepada gurunya mengenai bagaimana ia bisa gagal dalam menghadapi tes atau ujian yang diberikan sebelumnya. Ini akan membuat anak anda bersemangat untuk belajar dari kesalahannya sebelumnya dan memperbaikinya di ujian ulang ini

3. Merayakan kesuksesan
Rayakan hasil ujian atau tes anak anda dengan memberikan ucapan selamat walaupun nilai yang didapatkan tidak sesuai dengan ekspetasi, ini akan meningkatkan kepercayaan diri anak anda untuk menghadapai ujian selanjutnya dengan berbekal pembelajaran di ujian sebelumnya.

Mungkin hanya itu yang bisa admin sampaikan mengenai cara agar anak yang gagal dalam ujian dapat dibangkitkan lagi semangatnya oleh orangtuanya, semoga bermanfaat ya.


Source: Liputas6
Editor: Deden reinaldi

Posting Komentar untuk "Anak Gagal Dalam Ujian, Ini Cara Efektif Bangkitkan Semangat Anak Bagi Orangtua"