Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Ideologi | Etimologis, KBBI dan Menurut Para Ahli

BangAldhy- Kembali lagi dengan blog sederhana ini yang akan membahas mengenai pengertian Ideologi baik itu secara Etimologis, Kamus Besar Bahasa Indonesia maupun menurut pendapat para ahli.

Ideologi adalah kumpulan gagasan pokok pemikiran
Ideologi????
Ideologi berasal dari kata idea, yang artinya gagasan, konsep, pengertian dasar dan cita-cita sedangkan logos berarti ilmu.

Secara etimologis Ideologi memiliki arti ilmu tentang ide-ide (the science of ideas), atau ajaran tentang pengertian dasar.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Ideologi didefinisikan sebagai kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup.

Selain itu Ideologi juga diartikan sebagai cara berpikir seseorang atau suatu golongan. Serta Ideologi dapat diartikan paham, teori, dan tujuan yang merupakan satu program sosial politik

Dari pandangan para aahli mengartikan Ideologi secara berbeda namun tetap memiliki makna yang sama

Berikut ini beberapa pandangan dari para ahli mengenai Ideologi.

Sastrapratedja: ” Ideologi adalah seperangkat gagasan/pemikiran yang berorientasi pada tindakan dan diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur”.

Soerjanto: “Ideologi adalah hasil refleksi manusia berkat kemampuannya menjaga jarak dengan dunia kehidupannya”.

Mubyarto: ” Ideologi adalah sejumlah doktrin, kepercayaan, dan simbol-simbol sekelompok masyarakat atau suatu bangsa yang menjadi pegangan dan pedoman kerja (atau perjuangan) untuk mencapai tujuan masyarakat atau bangsa itu”.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Ideologi adalah suatu gagasan pokok yang menjadi pegangan untuk mencapai maksud atau tujuan tertentu (Pendapat admin).

Nah, itulah pengertian ideologi tersebut dari sudut pandangan yang beragam muali dari KBBI hingga menurut para ahli.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Ideologi | Etimologis, KBBI dan Menurut Para Ahli"